Tutorial Membuat Tampilan Blog WP dengan Page Builder

Kenapa Memiliki Tampilan Blog yang Menarik Sangat Penting?

Hello Sobat Ahli Narasi! Apakah kamu pernah merasa bosan atau kurang bersemangat membuka sebuah blog yang tampilannya monoton dan membosankan? Itulah mengapa memiliki tampilan blog yang menarik dan unik sangatlah penting. Selain membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kamu, tampilan blog yang menarik juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap konten yang kamu bagikan. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tutorial membuat tampilan blog WP dengan page builder.

Apa Itu Page Builder?

Sebelum masuk ke tutorial, kamu perlu tahu dulu apa itu page builder. Page builder adalah sebuah plugin yang dapat membantu kamu untuk membuat tampilan halaman atau blog yang menarik tanpa perlu melakukan coding. Ada banyak sekali page builder yang tersedia untuk WordPress, seperti Elementor, Divi, atau Beaver Builder. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan Elementor sebagai contoh.

Mengenal Elementor

Elementor adalah satu di antara banyak page builder yang dapat digunakan untuk membuat tampilan blog WP yang menarik. Page builder ini menyediakan banyak fitur yang dapat membantumu membuat tampilan blog dengan cepat dan mudah.

Menginstal dan Mengaktifkan Elementor

Langkah pertama dalam membuat tampilan blog WP dengan page builder adalah menginstal dan mengaktifkan plugin page builder yang kamu inginkan. Untuk menginstal dan mengaktifkan Elementor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Masuk ke dashboard WordPress kamu.2. Klik “Plugins” di sidebar kiri.3. Klik “Add New” di bagian atas halaman.4. Ketik “Elementor” di kolom pencarian.5. Klik “Install Now” dan tunggu hingga proses selesai.6. Setelah selesai, klik “Activate”.

Membuat Halaman Baru dengan Elementor

Setelah menginstal dan mengaktifkan Elementor, langkah selanjutnya adalah membuat halaman baru dengan menggunakan page builder ini. Untuk membuat halaman baru, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Masuk ke dashboard WordPress kamu.2. Klik “Pages” di sidebar kiri.3. Klik “Add New” di bagian atas halaman.4. Beri judul pada halaman baru kamu.5. Klik “Edit with Elementor” di bagian atas halaman.

Menambahkan Widget pada Halaman

Setelah berhasil masuk ke halaman editor Elementor, kamu dapat mulai menambahkan widget pada halaman baru kamu. Ada banyak sekali widget yang tersedia di Elementor, seperti text editor, gambar, tombol, dan masih banyak lagi. Untuk menambahkan widget pada halaman kamu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik tombol “+” di samping kolom kosong pada halaman editor.2. Pilih widget yang ingin kamu tambahkan dari daftar widget yang tersedia.3. Sesuaikan widget dengan keinginan kamu menggunakan fitur yang disediakan.

Mengatur Layout pada Halaman

Setelah menambahkan widget pada halaman kamu, langkah selanjutnya adalah mengatur layout halaman menggunakan fitur Layout yang disediakan oleh Elementor. Fitur Layout pada Elementor memungkinkan kamu untuk mengatur posisi dan ukuran widget pada halaman dengan mudah. Untuk mengatur layout pada halaman kamu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik “Edit Section” pada bagian atas widget yang ingin kamu atur layout-nya.2. Masuk ke tab “Layout”.3. Sesuaikan posisi dan ukuran widget sesuai dengan keinginan kamu.

Mengatur Warna dan Font pada Halaman

Selain layout, warna dan font pada halaman juga sangat penting untuk menambahkan kesan yang menarik pada tampilan blog kamu. Untuk mengatur warna dan font pada halaman, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik “Edit Section” pada bagian atas widget yang ingin kamu atur warna dan font-nya.2. Masuk ke tab “Style”.3. Sesuaikan warna dan font pada widget sesuai dengan keinginan kamu.

Menyimpan dan Mempublikasikan Halaman Baru

Setelah kamu selesai membuat tampilan halaman baru menggunakan Elementor, langkah selanjutnya adalah menyimpan dan mempublikasikan halaman baru tersebut. Untuk menyimpan dan mempublikasikan halaman baru kamu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik tombol “Save” di bagian bawah halaman editor.2. Klik tombol “Preview” untuk melihat tampilan halaman kamu.3. Jika sudah sesuai dengan keinginan kamu, klik tombol “Publish” untuk mempublikasikan halaman baru kamu.

Menggunakan Template pada Elementor

Selain membuat tampilan halaman dari awal, kamu juga dapat menggunakan template yang sudah disediakan oleh Elementor. Template ini dapat memudahkan kamu dalam membuat tampilan halaman yang menarik tanpa perlu memulainya dari awal. Untuk menggunakan template pada Elementor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik tombol “Add Template” di bagian atas halaman editor.2. Pilih template yang ingin kamu gunakan dari daftar template yang tersedia.3. Sesuaikan template dengan keinginan kamu menggunakan fitur yang disediakan.

Menambahkan Widget Kustom pada Elementor

Selain widget yang sudah disediakan oleh Elementor, kamu juga dapat menambahkan widget kustom pada halaman kamu. Widget kustom ini memungkinkan kamu untuk menambahkan fitur atau fungsi yang tidak tersedia pada widget bawaan Elementor. Untuk menambahkan widget kustom pada Elementor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Klik tombol “+” di samping kolom kosong pada halaman editor.2. Pilih “Widget” pada bagian bawah daftar widget.3. Klik “Add Widget” pada widget “HTML”.4. Tulis kode HTML untuk widget kustom kamu pada kolom yang tersedia.

Menggunakan Plugin Tambahan untuk Elementor

Selain Elementor, kamu juga dapat menggunakan plugin tambahan untuk memperluas fungsi dan fitur pada page builder ini. Ada banyak sekali plugin tambahan untuk Elementor yang tersedia di WordPress, seperti Ultimate Addons for Elementor atau PowerPack Elementor. Untuk menggunakan plugin tambahan pada Elementor, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Masuk ke dashboard WordPress kamu.2. Klik “Plugins” di sidebar kiri.3. Klik “Add New” di bagian atas halaman.4. Ketik nama plugin pada kolom pencarian.5. Klik “Install Now” dan tunggu hingga proses selesai.6. Setelah selesai, klik “Activate”.

Tips dan Trik Membuat Tampilan Blog WP dengan Page Builder

Membuat tampilan blog WP dengan page builder memang mudah, namun terdapat beberapa tips dan trik yang dapat memudahkan kamu dalam membuat tampilan blog yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat kamu gunakan:1. Gunakan warna yang serasi dan font yang mudah dibaca.2. Hindari penggunaan widget atau fitur yang berlebihan.3. Buat tampilan blog kamu menjadi responsif agar dapat dibuka di berbagai perangkat.4. Gunakan gambar atau foto yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan kualitas tampilan blog kamu.

Kesimpulan

Nah, itulah tutorial membuat tampilan blog WP dengan page builder. Dengan menggunakan page builder seperti Elementor, kamu dapat membuat tampilan blog yang menarik dan unik tanpa perlu melakukan coding. Selain itu, terdapat banyak sekali fitur dan widget yang dapat kamu gunakan untuk memperindah tampilan blog kamu. Jadi, tunggu apalagi? Coba sekarang juga dan buat tampilan blog WP yang menarik!

Tinggalkan komentar