Langkah Jaga Kulit di Cuaca Panas Yang Perlu Diketahui

Akhir-akhir ini, temperatur di sejumlah kota di Indonesia bertambah dan mengakibatkan udara jadi lebih panas. Cahaya matahari yang terkena ke kulit bisa mengakibatkan keadaannya berbeda.

Maka dari itu, diperlukan perhatian lebih extra untuk menjaga kulit. Ini mempunyai tujuan supaya keadaan kulit tetap terlindung, hingga kurangi resiko kerusakan.

Ada banyak hal yang minimal penting diingat untuk hadapi cuaca panas. Hal itu dikatakan oleh dr. Devina Nova Estikaratri saat dijumpai dalam sebuah acara yang dikerjakan di teritori SCBD, Jakarta Selatan, pada Kamis, 24 Oktober 2019.

empat panduan yang dapat dilaksanakan supaya kulit masih tetap sehat, walau dalam cuaca panas. Apa sajakah?

1. Minum Air Putih

Selainnya bermanfaat untuk kesegaran badan, minum air putih berperan untuk kesegaran kulit. Bukan hanya untuk muka, tetapi juga untuk semua badan. Karena itu, dr. Devina mengingati supaya kita tak lupa untuk minum air minimal 2 liter setiap hari.

“Keep hydrated sich ya, tujuannya janganlah sampai kita kurang minum. 2 liter setiap hari itu sudah minimal,” ucapnya.

2. Menggunakan Sunblock

Sunblock atau tirai surya seakan jadi perisai untuk kulit. Kandungan Sun Protector Factor (SPF) yang berada di dalamnya dapat meredam sengatan cahaya ultraviolet hingga membuat kulit jadi tidak terbakar dan tidak gampang kerutan. Tetapi, masih banyak yang masih kurang tekun memakainya.

Dokter Devina menjelaskan jika ketahanan sunblock tidak tahan lama. Umumnya, harus dipakai kembali (reapply) tiap empat jam sekali. “Menurut jurnal memang empat jam sekali. Tetapi, jika misalkan berasa kegiatannya benar-benar berlebihan gunakan sunblock dapat dua jam sekali. Atau, contoh kalian di kantoran ingin keluar, itu saat sebelum keluar gunakan sunblock dahulu,” jelasnya lagi.

BACA JUGA  Langkah Pilih Bengkel Mobil yang Aman dan Paling dipercaya

3. Tidak boleh Langsung Bersihkan Muka

Bersihkan muka di cuaca yang panas seakan menjadi penyegar instant. Ditambah, jika badan sedang capek. Tetapi, jika Anda barusan melakukan aktivitas di lokasi yang panas dan terserang matahari, seharusnya tidak langsung membersihkan muka. Ini dapat mengakibatkan sel dalam tubuh, khususnya muka, jadi terkejut.

“Peralihan suatu hal yang terlampau tiba-tiba memang buat sel badan kita tidak bagus . Maka, habis terkena panas, kita langsung bersihkan muka sama air dingin itu tidak bagus. Harus dinetralin dahulu, baru kita bersihkan muka,” tutur dr. Devina.

Ia merekomendasikan untuk mendinginkan muka sepanjang beberapa saat lebih dulu. Selanjutnya, pakai air yang tidak begitu dingin hingga sel bisa sesuaikan lebih bagus.

4. Tentukan Foundation dan Bedak dengan Jumlah SPF Pas

Sekarang, banyak foundation yang mengeklaim ada kandungan SPF didalamnya. Ini membuat beberapa konsumen berasa tak perlu memakai sunscreen kembali. Walau sebenarnya, jumlah SPF di setiap foundation atau bedak bisa jadi berlainan.

Karena itu, dr. Devina menjelaskan jika kita harus jeli dalam pilihnya supaya faedahnya dapat berasa di kulit. “Umumnya, kandungan SPF yang terdapat di bedak itu akan kurang dari 30,” katanya. Walau sebenarnya, jadi orang yang tinggal di lingkungan tropis, diperlukan kandungan SPF minimum 30 membuat perlindungan imbas jelek pancaran cahaya matahari.